epistemologi adalah cabang filsafat yang mengulas tentang hakikat sesuatu termasuk esensi dari ilmu pengetahuan,metode,yang rasional dipaparkan secara mendalam. epistemologi selalu digunakan untuk menelaah setiap kajian filsafat. dimana yang menjadi titik pembahasan adalah beberapa premis yang dapat merepresentasikan suatu hakikat.
jika mengacu pada filsafat barat mereka terkesan menerapkan epistemologi dikotomis,sekularisme, sehingga epistemolofi yang dibangun merupakan epistemologi skeptis yang sulit dipertemukan dengan spritualisme islam
dengan kenyatan tersebut filsup islam Ismail Alfarujui sayid muhammad nauqib ala'ttas menentukan untuk mempelopori sebuah sebuah pemikiran epistemologis yang bersandar kepada alquran hadis dengan metode berfikir komperhensip yang menjadi cikal bakal munculnya epistemologi pendidikan islam
pendidikan isalam perlu diperkuat dengan membangun serta merekonstruksi kembali wacana-wacana keislaman yang kokoh. merevolusi semua corak pemikiran yang skeptis mterealistik untuk kembali pada jati diri yang sebenarnya. oleh karena itu dalam buku ini banyak dijelaskan mengenai epistemologi pendidikan islam dengan berbaga solusi pemikiran yang ditawarkan.
DAFTAR ISIkata pengantar v
daftar isi vii pendahuluuan ix
I seputar epistemologi
A pengertian dan ruang lingkup epistemologi 2
B objek dan tujuan epistemologi 7
C landasan epistemologi 10
D metode dan metodologi 20
E hakikat epistemologi 25
F pengaruh epistemologi 28
II epistemologi barat 41
A emprialisme epistemologi 43
B pendekatan pendekatan epistemologi barat 58
1 pendekatan skeptis 58
2 pendekatan rasional empiris 64
3 pendekatan dikotomik 74
4 pendekatan positif objektif 80
5 pendekatan yang menentang dimensi spritual(anti metafisika) 86
III epistemologi islam 103
A konsep ilmu pengetahuan 104
B islamisasi ilmu pengetahuan 114
C karakter pengetahuan dalam perspektif islam 124
1 bersandar pada kekuatan spritual 125
2 hubungan yang harmonis antara wahyu dan akal 143
3 interdepedensi akal dan intuisi 151
4 memiliki orientasi teoritis 154
5 terikat nilai 159
D epistemologi islam 185
IV epistemologi pendidikan islam 207
A pengaruh pendidikan barat 208
B sistem pendidikan islam 218
C pembaharuan pendidikan islam 225
D idealisme pendidikan islam 236
E upaya membangun epistemologi pendidikan islam..248
V metode epistemologi pendidikan islam 270
A metode rasional (manhaj aqli) 271
B metode intuitif (manhaj zauqi)296
C metode dialogis (manhaj jadali)328
D metode komparatif ( manhaj muqaran)342
E metode kritik (manhaj naqdi)350
konklusi 371
daftar pustaka 375
tentang penulis 384
lihat buku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar